Kerugian Kecil: Pintu Masuk yang Tajam Versus Pintu Masuk yang Halus — Tugas

Ringkasan

Seperti yang telah kita pelajari dalam kursus ini, alat kelengkapan pipa, katup, dan belokan menimbulkan kerugian kecil yang dinyatakan dalam bentuk faktor-K. Hal ini memungkinkan perhitungan kehilangan tekanan melalui fitting untuk fluida tertentu yang mengalir pada kecepatan tertentu. Koefisien kerugian lokal ini sering dipublikasikan oleh produsen sehingga insinyur yang merancang sistem aliran dapat mempertimbangkan kerugian kecil dan cakupan kapasitas pemompaan yang sesuai. Dalam contoh ini, kita akan menghitung dan membandingkan faktor-K yang terkait dengan dua jenis kerugian pintu masuk - pintu masuk yang tajam dan pintu masuk yang halus.

Tujuan

Dalam contoh ini, anda akan mempelajari bagaimana mengatur masalah aliran masuk pipa axisymmetric dengan pintu masuk tajam dan halus di Ansys Fluent. Anda akan melakukan post-processing untuk memvisualisasikan bagaimana bentuk pintu masuk mempengaruhi bidang aliran. Terakhir, anda akan menghitung faktor-K dengan mengukur kehilangan tekanan yang terjadi pada sistem.

Penyiapan

Unduh file Mesh yang diperlukan untuk menyiapkan simulasi dan file Kasus & Data terkait di sini. Ikuti instruksi di bawah ini untuk mengatur simulasi ini di Ansys Fluent, dimulai dengan file Mesh. Jika Anda menghadapi masalah dalam menyiapkan atau menjalankan simulasi, lihat file Kasus dan Data awal dan akhir yang sesuai.


Tautan video alternatif.


Hasil dan Pembahasan

Sekarang mari kita lihat bagaimana faktor-K yang diperoleh dari simulasi dibandingkan satu sama lain.