Pengenalan Aliran Kompresibel — Pelajaran 1

Dalam aplikasi aliran fluida tertentu, massa jenis fluida hampir konstan dan fisika aliran diperoleh dengan menggunakan asumsi massa jenis konstan. Aliran seperti itu dianggap aliran inkompresibel. Namun, ada aplikasi aliran fluida penting lainnya di mana variasi massa jenisnya signifikan. Aliran seperti ini disebut aliran kompresibel. Mengabaikan variasi ini seringkali mengarah pada kesimpulan yang salah. Contoh yang baik dari aliran kompresibel ini terlihat di dalam mesin diesel empat tak. Saat campuran diesel-udara dikompresi di dalam silinder oleh piston yang bergerak, temperaturnya meningkat yang menyebabkan menyalanya bahan bakar di dalam silinder.

 

Insinyur yang merancang pesawat berkecepatan tinggi serta nozel roket harus mengandalkan fisika kompresibilitas untuk menghitung gaya di sekitar benda yang bergerak dan secara akurat memprediksi fenomena aliran yang eksklusif untuk aliran kompresibel, seperti gelombang kejut.

Dalam pelajaran ini, kita akan memperkenalkan konsep kompresibilitas fluida. Di sini kita akan menguraikan perbedaan kompresibilitas antara cairan dan gas. Terakhir, kita juga akan memahami efek buruk dari mengabaikan kompresibilitas dalam aliran fluida di mana variasi massa jenisnya signifikan.

 


Tautan video alternatif.


Berikut adalah slide handout untuk pelajaran ini.